• Call us: 024 - 8509906 / 0857 1200 0606
  • info@stiesemarang.ac.id

Profil STIE

Sejarah Singkat

STIE SEMARANG sebagai salah satu lembaga pendidikan yang didirikan sebagai wujud dari pengembangan dan pencerahan baru Akademi Manajemen Koperasi (AKOP SEMARANG) yang didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 84/D/0/2000 tanggal 9 Juni 2000, dibawah penyelenggaraan Yayasan Pendidikan Koperasi (YAPENKOP) Semarang

Berdirinya STIE SEMARANG diawali akan tantangan dan kebutuhan tenaga ahli terapan dibidang ekonomi yang profesional, padahal keahlian dibidang tersebut sangat dibutuhkan oleh sebagaian besar perusahaan–perusahaaan maupun instansi pemerintah. Saat ini STIE SEMARANG telah mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya serta siap menghadapi persaingan global dengan membuka : dua program studi Strata Satu (S1 Manajemen dan Akuntansi) dan dua Program Studi Diploma III (D III Manajemen Koperasi dan Akuntansi), dengan berpola pada konsep pendidikan mencetak pelaku bisnis “entrepreneurship” dengan berazaskan Koperasi yang tidak ditemui pada STIE lainnya.


Visi & Misi

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi yang handal dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan berintegritas bagi kepentingan bangsa dan negara dengan jati diri Koperasi.

MISI

1. Menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, berjiwa pemimpin, dan unggul berlandaskan jatidiri koperasi.

2. Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna memperkuat UMKM dan gerakan perkoperasian.

3. Meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di bidang manajemen dan akuntansi guna mendukung kemajuan UMKM dan gerakan perkoperasian.

4. Mengembangkan kerja sama dan kemitraan Institusional di tingkat regional dalam pengembangan UMKM dan gerakan perkoperasian.


Kerjasama Antar Lembaga & Pengembangan Profesi

Dalam mengembangan mutu dan kualitas pengelolaan pendidikannya STIE Semarang didukung penuh oleh Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Tengah (DEKOPINWIL), gerakan/jaringan koperasi se-Jawa Tengah disamping secara terus menerus melakukan upaya-upaya pengembangan melalui kerjasama dengan lembaga/instansi baik pemerintah, swasta (dunia usaha), BUMN, BUMD dan lembaga formal maupun informal lainnya.
Selain menjalankan proses belajar mengajar di kelas, praktek kerja lapangan, kuliah kerja usaha, untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan dilapangan pekerjaan dan dunia usaha pada umumnya, telah terbentuk lembaga pengembangan profesi dan keterampilan (LP2K STIE Semarang) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi mahasiswa, dosen maupun staf dan karyawannya dengan kerjasama dengan lembaga-lembaga seperti :

  • Konsultan Manajemen (internal STIE Semarang).
  • Konsultan Akuntansi dan Perpajakan (internal STIE Semarang).
  • Konsultan Peningkatan SDM dan Pengembangan Profesi.
  • Pengembangan Kepribadian (kerjasama dengan Psikologi RS. ST. Elizabeth Semarang).
  • Sertifikasi Manajer Koperasi (kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Koperasi Wilayah Jawa Tengah “LAPENKOP”).
  • Universitas Diponegoro.
  • Bappeda Provinsi Jawa Tengah.
  • Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.
  • Balitbangda Provinsi Jawa Tengah.
  • Lembaga-lembaga lainnya.