• Call us: 024 - 8509906 / 0857 1200 0606
  • info@stiesemarang.ac.id

Pembentukan Koperasi Memayu Jogo Tonggo Kopeng

Jumat 26 Februari 2021, STIE Semarang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan penandatanganan legalitas pembentukan Koperasi Memayu Jogo Tonggo Kopeng. Bertempat di kampus STIE Semarang, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kopeng, Ketua STIE Semarang, Ketua Yayasan Pendidikan Akademi Koperasi, LPPM STIE Semarang, dan Perwakilan pengurus Koperasi Memayu Jogo Tonggo Kopeng.
Koperasi Memayu Jogo Tonggo Kopeng merupakan hasil kerjasama LPPM STIE Semarang dengan PT SPHC sebagai bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat atas program corporate social responsibility pada masyarakat Desa Kopeng, Kabupaten Semarang.
Rebo Sarwoto selaku Kepala Desa Kopeng berharap kehadiran Koperasi Memayu Jogo Tonggo Kopeng dapat menjadi penggerak untuk mengembangkan potensi Kopeng desa Kopeng.
Kerjasama STIE Semarang dengan PT. SPHC ini, sebagaimana disampaikan Dr. ST. Sunarto, MS selaku Ketua STIE Semarang, dalam rangka mendukung Program Pemerintah dalam meningkatkan Usaha Ekonomi Rakyat melalui Program Bantuan berbasis Koperasi kepada Penjual Bunga Hias di Sentra Pasar Kopeng Kabupaten Semarang.
Disampaikan secara terpisah oleh Fajar Sandi selaku Ketua Tim CSR PT SPHC, dengan dibentuknya Koperasi Memayu Jogo Tonggo dapat menjadi Wadah bagi 42 pedagang bunga hias dalam mengembangkan usahanya. Mereka akan menjadi Anggota didalam Koperasi tersebut. Harapan selanjutnya, bahwa koperasi tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga menyediakan Perlengkapan dan Peralatan seperti Pupuk Cair, Pot Tanaman dsb. Sehingga memiliki pendapatan yang nantinya keuntungan penjualan bisa kembali ke Anggota sebagai Sisa Hasil Usaha (SHU). Maka, peran STIE Semarang dalam hal ini sangat penting dalam memberikan stimulan bagi Pedagang untuk bisa survive dalam menjalankan usaha di Masa Pandemi Covid 19 ini.
Dengan adanya kerjasama ini diharapkan koperasi dapat berkembang serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berkoperasi walaupun dalam masa pandemi ini. (Humas STIE Semarang)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *