• Call us: 024 - 8509906 / 0857 1200 0606
  • info@stiesemarang.ac.id

Menumbuhkan Jejaring Hadapi Kompetisi Global

 

TUNJUKAN CENDERA MATA : Delegasi RMUT, Niko Irawan didampingi Ketua STIE Semarang Sunarto, Dan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, DYP Sugiharto, Menunjukkan cendera mata, kemarin.(57)

 

Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi [STIE] Semarang meningkatkan kerjasama dengan sejumlahperguruan tinggi [PT] di luar negeri. Di antaranya dengan Rajamangala University of Technology [RMUT], Krungthep, Thailand. Sinergi tersebut bertujuan menumbuhkan jejaring internasional menghadapi kompetisi global. ‘Kompetisi global muncul dipengaruhi pesatnya kemajuan teknologi. Kondisi itu juga menjadikan seakan-akan tiada sekat antarbangsa. Banyak profesi yang kini bisa bekerja secara lintas negara membuat persaingan makin ketat’. kata Ketua STIE Semarang, Dr ST Sunarto, kemarin.

Hal itu disampaikan di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman dan pelaksanaan wisuda ke-XXIII STIE Semarang di Hotel Patra Jasa. Hadir Koordinator Kopertis VI Wilayah Jateng, Prof DrDYPSugiharto, dan Delegasi RMUT , Niko Irawan PhD. Kerja Sama

Menurut Sunarto, tantangan global butuh disikapi kalangan perguruan tinggi. Utamanya, untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul. Namun, untuk bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) lulusan unggul , Kualitas perkuliahan dan riset kampus wajib diperkuat. ‘Caranya adalah dengan membangun sinergi antar perguruan tinggi. Kerja sama ini juga terkait pertukaran mahasiswa antardua universitas selama satu sampai dua bulan. Dilanjutkan penelitian dosen dan mahasiswa. Tujuannya, terkait komitmen menjadikan kampus mencapai standar internasional’. imbuhnya.

Didampingi Ketua Prodi S-1 Manajemen, Rokhmad Budiyono dan Ketua Prodi S-1 Akuntansi, Arini Novandalina. ia menambahkan jejaring juga dibentuk diantara berbagai kampus di dalam negeri. Perguruan tinggi dibawah Yayasan Pendidikan Koperasi (YAPENKOP) Semarang ini, bahkantelah melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi. Misalnya dengan STIE Indonesia Surabaya, Universitas Islam Batik Surakarta, Akademi Uang Dan Bank Surakarta. ‘Selain itu kerja sama juga dilakukan dengan Dewan Koperasi Wilayah Jateng. Pelaksanaanya bahkan melibatkan kabupaten dan kotadi jateng’. Ucap Sunarto. Rokhmad Budiyono mengatakan, kampus tersebut juga telah membekali lulusan dengan berbagai ilmu dan pengetahuan. Sebelum ini, wisudawan bahkan dipertemukan praktisi dan pakar di bidang ilmu ekonomi dan perbankan dalam forum seminar kampus

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *